RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : V (Lima) / I (Satu)
Alokasi Waktu             : 1 x 35 menit


  1. Kompetensi Dasar
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu, Budha, Islam. Keragaman kenampakan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.

  1. Kompetensi Dasar
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.

  1. Indikator
Mengidentifikasi kenampakan alam buatan di Indonesia

  1. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu mengetahui  kenampakan alam buatan di lingkungannya

  1. Materi Pembelajaran
“Keragaman kenampakan alam buatan di lingkungan”

  1. Metode Pembelajaran
-            Ceramah
-            Tanya jawab


G.     Langkah-Langkah Perbaikan Pembelajaran
A.     Kegiatan Awal
1.      Mengkondisikan siswa dengan bertanya tentang keadaan anak-anak :
2.      Apersepsi dengan mengajukan beberapa pertanyaan :
1.      Coba sebutkan contoh-contoh kenampakan alam !
2.      Anak-anak tempat menuntut ilmu dimana ?
3.      Sekolah merupakan kenampakan alam buatan yang digunakan sebagai sarana ....
B.     Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1.      Guru memperlihatkan gambar kenampakan alam di depan kelas
2.      Guru menyebutkan kenampakan alam
3.      Guru menjelaskan materi
4.      Guru melakukan tanya jawab tentang keanekaragaman kenampakan alam buatan di lingkungan
b.      Elaborasi
1.      Siswa menmperhatikan gambar yang diperlihatkan guru di depan kelas.
2.      Siswa penjelasan materi yang akan diajarkan
3.      Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan
4.      Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
5.      Siswa dibagi kedalam 3 kelompok, kemudian guru membagikan Lembar Kerja Siswa.
6.      Siswa mengerjakan LKS dengan cara berdiskusi dengan kelompoknya.
c.       Konfirmasi
1.      Guru mengevaluasi jawaban peserta didik dengan membetulkan jawaban yang salah.
C.     Kegiatan Akhir
1.      Guru membimbing peserta didik untuk membuat repleksi materi pembelajaran
2.      Guru memberikan evaluasi

  1. Alat dan Sumber Pelajaran
Alat                  : Gambar keanekaragaman alam buatan
Sumber            : KTSP Model Silabus
  Buku IPS Kelas 5 halaman 46 - 47
  Karya Drs. H. Cecep Rohimat, dkk
  Penerbit PT. Sarana Panca Karya

  1. Evaluasi
-         Jenis Tes               : Tertulis
-         Bentuk Tes            : Isian
-         Instrumen              : Soal Tes


Naskah Soal
Jawablah pertanyaan  di bawah ini dengan tepat!
1.      Apa perbedaan antara lingkungan buatan dengan lingkungan alami ?
2.      Sebutkan contoh kenampakan buatan !
3.      Untuk apa manfaat bendungan ?
4.      Bendungan Saguling berada di kabupaten .....
5.      Danau buatan adalah nama lain dari apa ?.


Kunci Jawaban
1.      Perbedaan anatara lingkungan buatan dan alami :
Lingkungan buatan : dibuat poleh manusia
Lingkungan alami                : diciptakan oleh Tuhan
2.      Contoh kenampakan alam buatan :
-  Bendungan                                  -  Jalan
-  Sekolah                                      -  Jembatan
-  Masjid                                        -  Lapangan
3.      Manfaat bendungan :
-         Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
-         Sebagai tempat rekreasi
-         Sebagai lahan perikanan
-         Mengairi sawah (irigasi)
-         Sarana olah raga air
4.      Bandung
5.      Bendungan

Skor Penilaian
Skor Nilai Ideal 10
Nilai siswa : Jumlah jawaban yang benar x 2  = Nilai akhir
                                                1

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Taman Hidayat, S.Pd
NIP. ....................................

Garut, ....................
Guru Kelas




Mumu Taslimudin, S.Pd
NIP. 19700406 2002 12 1 003